Hutan Lestari Iklim Terjaga

pulmo´n del mundo
Tahukah kalian ?
Banyak para ahli yang menyebut kenaikan temperature bumi akan mencapai 1,4 sampai 6,3 derajat Celcius hingga tahun 2100. Padahal, setiap kenaikan 2 derajat celcius aja akan menyebabkan udah bnyak terjadi kepunahan! Apalagi bagi spesies yang sulit beradaptasi di daerah kutub tropis.
Nah! Di bagi Indonesia yang bergantung pada kekayaan alam, peristiwa kebakaran hutan dan pemucatan terumbu karang menjadi permasalahan serius.
 Terutama bagi penduduk yang tinggal di daerah sekitar hutan dan pesisir pantai.
Walau tingkat emisi GRK terus meningkat, tapi ada banyak peluang buat menguranginya loh tweeps. Sekedar ngingetin aja, bahwa kejadian ini bukanlah akhir dari segalanya.. :’)
Dalam konteks perubahan iklim, hutan seperti pisau bermata dua loh!
Maksudnya adalah kalo kita mengelola hutan dengan baik maka ia akan mampu memaksimalkan fungsinya untuk menyerap dan menyimpan karbon.
Sementara, kalo ga dikelola dengan bai, hutan akan beralih fungsi menjadi lahan non hutan dan lalu dirusak, maka hutan akan menjadi sumber emisi yang besar.
Deforestasi dan alih fungsi hutan, termasuk lahan gambut, menghasilkan sekitar 60% total emisi Indonesia. Nah loh!
Dengan kondisi seperti itu, Indonesia memilih menanggulangi deforestasi dan degradasi hutan sebagai salah satu cara utama mengurangi emisi dan menghadapi perubahan iklim.
 Solusi ini dikenal sebagai REDD atau Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation.
Apa tuh maksudnya kak? Buat yang ga paham REDD itu apa, intinya REDD merupakan insentif positif bagi Negara berkembang yang melindungi hutannya kaka.. ^^
Skema ini lalu berkembang menjadi REDD+ yang mana tidak hanya mengurangi emisi dari deforestasi dan kerusakan hutan, tetapi juga meningkatkan penyerapan karbon melalui konservasi dan pengelolaan hutan lestari serta peningkatan cadangan karbon hutan.
(source: WWF Magazine)
INI AKSIKU ! MANA AKSIMU?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: