Udara – Aspek Lingkungan Hidup

daun_um

Udara tidak terlihat dan tidak berbau. Udara ada di sekeliling kita. Udara ada di mana-mana. Udara dibutuhkan mekhluk hidup. Karena di dalam udara terdapt gas oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernapas, serta terdapat gas karbondioksida yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Jadi, tanpa udara kita semua tidak dapat hidup. Jadi, udara sangat penting ya?!

A. Angin

Teman-teman tentu tahu layang-layang? Bagaimana layang-layang dapat terbang? Ya! Layang-layang dapat terbang berkat bantuan angin! Begitu pula dengan perahu layar, kincir angin dan sebagainya. Bagaimana angin bisa terjadi? Angin terjadi karena udara yang bergerak.

Angin besar dengan kecepatan yang kuat malah berbahaya bagi kehidupan. Angin besar ini kita sebut badai. Badai terjadi bisa disertai hujan yang sangat lebat.

B. Cuaca dan Iklim

Kejadian hujan, panas, mendung dan sebagainya, datang silih berganti kadang-kadang dalam waktu singkat, kadang-kadang lama. Inilah peristiwa alam yang kita namakan cuaca. Hal tersebut terjadi oleh pengaruh berbagai macam faktor, diantaranya adalah suhu dan tekanan udara, awan, angin dan sebagainya.

Kondisi bumi kita yang beragam mempengaruhi kejadian ini, seningga dalam waktu yang cukup lama kondisi suatu daerah berbeda pula dengan kondisi daerah lain. Kita menyebutnya iklim. Contohnya di daerah tropis yang panas tidak kita temui salju kecuali di puncak pegunungan karena di daerah tropis todak ada musim salju.

Perbedaan ini menyebabkan perilaku dan persebaran mekhluk hidupnya berbeda pula. Itulah sebabnya mengapa orang Eskimo selalu bermantel tebal, atau beruang kutub hanya terdapat di daerah kutub atau dingin.

C. Pencemaran Udara

Banyaknya kendaraan bermotor di kota-kota menimbulkan asap dalam jumlah yang sangat banyak di udara! Udara menjadi tercemar, kotor dan tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, ditambah pula dengan asap berbagai industry besar dan pabrik semakin menambah pencamaran. Bila ini terjadi terus menerus, kita bisa menjadi sakit, hewan-hewan bisa mati dan tidak ada agi langit biru.

Oleh karena itu, kita dapat mencegahnya missal dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan menggantinya dengan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: