Tanah – Aspek Lingkungan Hidup

Hands Holding a Seedling and Soil

Tanah tempat berpijak ini adalah lapisan paling luar dari kulit bumi. Tanah ini terbentuk dari batuan yang mengalami pelapukan dalam jangka waktu yang sangat lama. Tanah berperan sangat penting bagi kehidupan kita lho! Hampir semua kegiatan kita dilakukan di atas tanah.

Hewan dan tumbuhan hidup dan berkembang biak di atas tanah. Dari mulai hewan kecil, seperti siput dan cacing, hingga hewan sedang maupun besar. semuanya membutuhkan tanah. Dengan demikian, kita harus menjaga keutuhan tanah ini, dengan mengolah dan menjaganya dari perbuatan-perbuatan yang merusak tanah.

A. Keanekaragaman Hayati

Di atas tanah hidup beraneka ragam jenis hewan dan tumbuhan, dari yang kecil seperti lebah dan kupu-kupu, hingga yang besar seperti gajah dan jerapah. Karena lingkunga tempat hidup yang berbeda, maka berbeda pula jenis dan perilaku hewan dan tumbuhannya. Misalnya Unta hidup di padang pasir, beruang es hidup di tempat yang bersuhu dingin. Harimau, Gajah, Kijang dan Jerapah di hutan atau padang luas.

Demikian juga dengan tumbuhan, misalnya pohon pinus terdapat di pegunungan, pohon bakau dan kelapa terdapat di pantai atau pesisir. Keanekaragaman ini harus kita jaga dan lestarikan.

B. Tumbuhan Hijau

Tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitar kita berwarna hijau karena memiliki zat hijau daun. Maka dari itu, dengan bantuan sinar matahari, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Makanan tersebut dalam bentuk karbohidrat atau zat gula, dan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun oleh makhluk hidup lainnya. Jadi ini amat penting lho..!

Makanan pada tumbuhan tadi disimpan pada bagian daun, batang, bunga, serta buah dan biji.

Hewan seperti kambing dan sapi memanfaatkan makanan ini dari daunnya. tanaman tebu di manfaatkan manusia dari batangnya untuk membuat gula. Sedangkan singkong dari akarnya. Demikian juga dengan buah-buahan yang kita makan.

Pada siang hari, tumbuhan bernapas menyerap CO2 dari udara melalui lubang-lubang kecil yang terdapat di daun, serta mengeluarkan Oksigen yang dihirup hewan maupun manusia. Itulah sebabnya mengapa tidur di bawah pohon pada siang hari terasa nyaman bagi kita.

C. Unsur Hara

Unsur hara diperlukan tumbuhan sebagai gizi untuk tumbuh dan berkembang. Unsur Hara terdapat di dalam tanah yang subur. Unsur hara ini diserap oleh akar tumbuhan kemudian dihantarkan ke bagian-bagian tanaman seperti batang dan daun.

Humus dari sisa-sisa daun kering yang jatuh ke tanah maupun dari kotoran hewan sangat baik membantu perkembangan tumbuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: