KEMAH KONSERVASI (Pelatihan dasar lingkungan sosial marketing) – SSMA 2011

26205_111561278858857_100000149554590_276126_2524925_n

Selasa, 20 September 2011 merupakan hari pertama pembukaan “Kemah Konservasi” Sekolah Sahabat Mata Air 2011. Dimana kegiatan yang dilakukan selama 2 hari menjadi pengalaman berkesan bagi kami. Perjalanan yang kami mulai dari sekolah SMAN 1 Purwosari tak memakan waktu lama untuk sampai di Desa Kertosari-Purwodadi tempat Kegiatan Kemah Konservasi dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas kendaraan sekolah, kami sampai tepat sebelum acara dimulai yaitu sekitar pukul 08.30 lebih.
Pukul 09.00 di Pendopo Randuwana Kegiatan dimulai, Pembukaan Kemah Konservasi dibuka oleh Bapak Fathurrohman (Perwakilan Yayasan Satu Daun) dilanjutkan sambutan-sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan oleh Bapak Ibnu, Perwakilan PT. Tirta oleh Bapak Soni Suhadanah dan Perwakilan dari UPTD Kecamatan Purwosari oleh Bapak H. Muslilmin. Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang “Kehutanan” oleh Bapak Ir. Sunandar. Materi tersebut memberikan kami pengetahuan tentang bagaimana keadaan Hutan dan jumlah pohon yang ada saat ini.
Materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan antar peserta dan pembimbing serta game yang membuat kami bersuka cita. Pukul 11.00 Motivasi Kader Lingkungan pun diberikan oleh narasumber yaitu Bapak Syaiful Anam yang memberikan banyak kesadaran bagi kami khususnya bagaimana lingkungan sekitar, apa saja yang bisa kami lakukan mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang besar.
Pukul 13.00-14.00 saatnya ISHOMA (istirahat, sholat dan makan). Kemudian Pembekalan Dasar Konservasi SDA oleh BKSDA, disitu kami diperkenalkan apa itu konservasi dan lokasi-lokasi mana saja yang dilakukan konservasi. Hari itu kami full dengan pembekalan-pembekalan materi yang sedikit membuat jenuh tetapi karena kebersamaan diantara sesama peserta dan pembina waktu berlalu begitu cepat.
Istirahatpun kami lakukan untuk melepas penat selama kegiatan yang telah berlangsung, kami dibimbing secara berpencar dan bercampur dengan sekolah lain untuk bermalam dirumah penduduk sekitar yang jaraknya kurang lebih 1 km dari pendopo Randuwana. Pukul 19.00 kami kembali ke pendopo Randuwana, malam itu sangat menyenangkan dengan game-game yang mengakrabkan kami dengan peserta lainnya dan Pengenalan Pemasaran Sosial oleh Bapak Fathurrohman yang mengakhiri kegiatan hari itu.
Rabu, 21 September 2011 kami berpamitan kepada orang tua baru kami selaku pemilik rumah yang kami tempati, dengan berbekal identitas orang tua baru kami kembali ke pendopo Randuwana untuk mengenalkan bagaimana kehidupan orang tua baru kami kepada peserta lainnya. Kegiatan hari itu adalah Penyusunan Program Sekolah. Setelah pembicaraan dan pemusyawarahan antar pendamping sekolah, SMAN 1 Purwosari mengambil program Pembimbitan Sekolah.
Hari itu juga kami beserta pendamping kami yaitu bapak Drs. Joko Priyantono menyusun kegiatan Pembibitan yang akan dilaksanakan disekolah dan menyerahkannya pada bapak sareh selaku perwakilan dari SSMA. Kegiatan selesai dan ditutup dengan acara berfoto-foto bersama, sungguh pengalaman yang lengkap bagi kami karena kegiatan “Kemah Konservasi” memberikan kami banyak pengalaman dan pelajaran berharga baik mengenai alam sekitar, maupun kehidupan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: