Makrozoobentos, cara mudah ketahui kualitas air

Picture1

Ternyata mengukur kualitas air sungai tidak perlu menggunakan alat kimia maupun fisika, dengan menggunakan  alat biologi, yaitu dengan hewan tidak bertulang belakang (makrozoobenthos) dan tumbuhan air sekitar sungai, masyarakat bisa mengukur kualitas air dengan sangat mudah.

Hal ini dibuktikan oleh para pelajar dari berbagai SMA, SMK, dan MA se-Pasuruan yang terletak di sungai Buk Glondong, UP3 perhutani, Tretes. Kegiatan ini di adakan oleh yayasan satu daun.
Kegiatan ini dilakukan dari jam 09.00, pada jam 11.30 mereka melakukan observasi di sungai Buk Glundung sampai jam 13.45, kemudian diteruskan dengan membuat laporan pengamatan dari jam 14.00-17.00. pada malam hari mereka mempresentasikan hasil observasi mereka.
Dari presentasi tersebut menghasilkan banyak kontroversi, hal ini dikarenakan berbedanya hasil prosentase dari setiap kelompok, padahal sungai yang diteliti itu sama. Salah satu dari mereka menyebutkan bahwa perbedaan ini dikarenakan lokasi yang berbeda.
Mereka terus berdebat tentang hasil observasi mereka. Akhirnya kakak pembina mengambil keputusan bahwa pendapat mereka tidak ada yang salah,Tapi yang menyebabkan perbedaan ini adalah hewan yang mereka peroleh itu yang enyebabkan perbedaan. Mereka mengambil kesimpulan, dari dua kelompok yang hasilnya hamper sama yaitu keadaan sunagi Bok glondong adalah masih alami (31/08) (Alfian-red).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: