Ekspedisi Mata Air – Sekolah Sahabat Mata Air 2011

la3

Akhirnya waktu yang kami tunggu datang, tanggal 29 oktober 2011 tepatnya hari sabtu di Desa Kertosari-Purwodadi bertempat di pendopo Randuwana kami dan Tim SSMA lainnya berkumpul. Sedikit pengalaman yang berkesan telah kami lewatkan dan pengenalan serta pembekalan-pembekalan telah kami dapat. Tak cukup itu acara puncak dari kegiatan sekolah sahabat mata air ini yaitu ekspedisi, dimulai dari pengawalan acara pagi itu Pak Sareh mengajak kami games tak tanggung-tanggung pemdamping kami pun tak ketinggalan bermain bersama. Gelak tawa menghiasi raut wajah kami dan peserta lainnya dan semakin menambah keakraban kami semua.
Jam menunjukkan pukul 09.00 acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai “Biotilik” disini kami semua diajarkan bagaimana mengenal kualitas air dengan cara mengenali organisme yang hidup didalamnya. Bermacam-macam jenis organisme yang dapat mempengaruhi tingkat kualitas air. Setelah penjelasan singkat dan jelas tentang bagaimana cara biotilik oleh seorang narasumber kami dibagi menjadi 3 kelompok besar dan kami berbaur dengan sekolah lainnya. Praktik biolitik sangat menyenangkan karena kami turun ke aliran air sawah dan mengeruk-ngeruk tanah diair agar organisme keluar dan kami ambil menggunakan jaring lalu kami kelompokkan macam-macam organisme sesuai jenisnya, setelah dikelompokkan dan dihitung jumlah keseluruhan kami baru dapat mengetahui apakah air itu tidak tercemar, sedikit tercemar atau tercemar.
Sebenarnya kegiatan puncak ini selain mendaki kami akan melakukan uji kualitas air disungai baung. Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 kami semua berbenah dan merapikan barang bawaan untuk ekspedisi kali ini, sebelum berangkat kami kembali dikumpulkan dan diberikan pengarahan agar mengikuti peraturan yang ada serta sedikit pengenalan tentang mata air.
Pukul 13.00 kami bersiap berangkat, kami berbaris sesuai sekolah dan dibagi menjadi 3 kelompok besar dan SMAN 1 Purwosari bergabung dengan SMAN 1 Grati dan SMPN Gondang Wetan dengan bapak TNI yang menjadi pendamping kami.

Perjalanan dimulai dengan diawali do’a kami melangkahkan kaki melewati sawah dan jalanan yang terlihat baru dibuat, dengan semangat kami menyebrangi sungai dengan bantuan tali yang sudah diikat pada sebuah pohon besar yang dijaga oleh bapak-bapak TNI dan relawan, sebenarnya disitulah kami akan melakukan uji kualitas air namun derasnya air tidak mendukung situasi kami akhirnya hanya narasumber dan beberapa orang saja yang melakukan uji kualitas air. Perjalanan masih panjang kami menaiiki jalan yang terus menanjak yang hampir membuat kami keletihan, ada yang berhenti, ada yang tampak pucat tetapi dari situlah kebersamaan terasa mulai dari saling bantu membantu menaiki jalanan yang semakin menanjak, beristirahat bersama dan saling menunggu satu sama lain diantara masing-masing kelompok.

Kami menuruni jalan yang curam untuk menuju sumber mata air yang ada disana, segar dan hawa sejuk menyeruak diantara hembusan angin. Semua peserta antusias untuk menikmati keindahan alam ini dengan bermain air maupun berfoto bersama. Waktu cepat berjalan kami semua harus menaiki jalan yang curam dengan berhati-hati untuk menuju tempat camp. Sungguh letih berada dalam keluh kami tapi sebanding dengan apa yang kami dapat. Semakin sore hari masing-masing sekolah di beri tenda dan membangun tenda yang telah diberikan setelah itu setiap kelompok memasak sesuai bahan yang telah disediakan panitia.

Pengalaman memasak bersama sempat membuat kami gelisah dan bingung dengan peralatan yang tidak memadai, tetapi karna kami tahu satu sam lain akhirnya kami bahu membahu mengatasi soal ini, malam itu tampak gelap tak ada cahaya hanya lampu senter yang tak begitu menerangi pandang kami. Makan malam pun telah siap dengan rasa yang bercampur-campur kami menikmati makanan dengan gelak tawa dan cerita. Malam semakin larut acara penutup adalah api unggun, kami pun sangat antusias mengikutinya meskipun dingin yang terasa menusuk tulang dan rasa kantuk yang tak bersahabat tapi bernyanyi bersama rasanya membuat semua itu hilang sekejap saja dan diakhiri dengan renungan yang membuat pernyataan kesadaran tentang prilaku kita kepada alam dan mengingat bagaimana perjuangan kedua orangtua kami. Sungguh malam yang tak ingin cepat berganti dengan kehangatan kebersamaan.

Mentari pagi menyambut kami, sepi masih terasa. Kami pun bergegas menuju sumber mata air untuk mengambil persediaan air yang habis, menuruni jalanan curam dan kembali naik untuk memasak sarapan pagi kami. Pagi itu makanan lebih enak rasanya karena kami berhasil membeli makanan yang ternyata letak tempat camp kami tidak jauh dari rumah penduduk. Kami berduyun-duyun menikmati cerahnya mentari dengan semangat yang melengkapi kebahagiaan membereskan tenda untuk kembali melakukan perjalanan pulang. Tak ada sampah pun tersisa semua tempat tampak bersih seperti pertama kami datang.

Perjalanan kami pulang disambut dengan jalan menanjak yang cukup lebih baik dari ketika kami berangkat, berbagi cerita bersama para peserta lain menjadi pelengkap perjalanan kami pulang ke pendopo Randuwana. Rumpanya siang itu langit mulai tak bersahabat dan awan keabu-abuan menyambut dengan rintikan air hujan yang menyambut kami pertama kali dibulan itu. Sampailah semua peserta di pendopo Randuwan dengan basah kuyup. Siang itu tanggal 30 oktober mengakhiri perjalanan singkat kami tanpa penutup meskipun begitu diantar kami para peserta saling berpamit satu sama lain.

Pengalaman berkesan menutup perjumpaan kami dengan peserta lainnya dan kami pun takkan pernah melupakan banyak hal tentang bagaimana awal kami pembekalan sampai saat ini kami banyak belajar dari kegiatan kami dan berusaha untuk menerapkan dikehidupan kami.