Pohon Tidak Tahan Perubahan Iklim

vista-wallpaper-aero-woods-1024x768

Lebih dari separuh spesies pohon, khususnya yang ada di hutan kawasan timur Amerika Serikat, tidak mampu beradaptasi secepat yang diperkirakan. Sekitar 59 persen spesies pohon yang diamati dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Duke University menunjukkan tanda-tanda bahwa kawasan geografi mereka semakin menyebar baik ke utara dan selatan.

“Banyak studi yang mengindikasikan bahwa pepohonan akan bermigrasi ke kawasan yang memiliki ketinggian lebih sebagai tanggapan atas temperatur yang meningkat. Namun dalam analisis ini tidak terdapat bukti-bukti konsistensinya migrasi akibat perubahan iklim,” ujar James S. Clark, peneliti dari Duke University. “Dari perkiraan, hanya sekitar 21 persen spesies pohon yang tampak bergerak ke arah utara,” ucapnya.

Clark menyebutkan, zona hangat sendiri telah bergeser ke arah utara hingga 100 kilometer di beberapa bagian timur Amerika Serikat. “Tetapi hasil penelitian kami tidak menunjukkan bahwa populasi pohon mengikuti perubahan tersebut,” ucapnya.

Padahal, pada konsep migrasi berdasarkan perubahan iklim, ketika temperatur menghangat, spesies pepohonan yang ada di kawasan selatan mati dan di saat yang sama, spesies pohon tersebut yang berada di posisi lebih ke utara terus tumbuh dan semakin bertumbuhan ke arah utara.

Temuan yang didapat oleh peneliti Duke University ini, kata Clark, menunjukkan bahwa kita perlu meningkatkan perhatian kita atas risiko yang dihasilkan oleh perubahan iklim. (Sumber: United Press International)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: