2012, Muncul Gunung Es Raksasa

iceberg

Gunung es raksasa akan lahir di barat Antartika. Peneliti sekarang sedang mengamati secara intensif mengenai keretakan yang kelak mencuatkan gunung es raksasa itu. Keretakan sepanjang 30 kilometer berkedalaman 60 meter itu tercipta di depan Pine Island Glacier (PIG). Peneliti dari NASA memperkirakan, gunung es sebesar Berlin itu akan berpisah dari Antartika di awal tahun 2012.

PIG merupakan lidah es terbesar dan tercepat di benua putih itu. PIG menyalurkan sekitar 10 persen dari semua es yang mengalir ke laut. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, peneliti mendapati PIG mengalami penipisan yang diduga terkait dengan perubahan iklim.

Peneliti dari NASA mengatakan bahwa hal ini memang wajar terjadi dan merupakan siklus tiap 10 tahun. “Gunung es besar yang terakhir muncul pada tahun 2001,” ungkap peneliti dari IceBridge Project, Michael Studinger.

Gunung es sebesar ini perlu diwaspadai bukan hanya karena pergerakannya, tetapi juga efek yang diberikan kepada lingkungan sekitar. Ketika gunung tersebut mulai mencair, jutaan ton air akan bertambah dan hal ini mengakibatkan perubahan rantai makanan. Bagian besar dari es itu akan menghalangi jalur para binatang untuk mendapatkan makanannya.

“Diperkirakan, gunung es itu akan bergerak ke arah utara karena angin dan gelombang laut. Kami akan terus mengikuti pergerakannya,” Studinger mengutarakan. IceBridge merencanakan untuk melakukan pengukuran terhadap ketebalan es di kutub-kutub Bumi. (BBC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: