Workshop in Kaliandra SEJATI

IMG_2672

Selasa, 20 Juli 2010

Akhirnya Mimpi kami untuk bisa belajar di Kaliandra Sejati terwujud pada waktu diadakan Workshop Pemahaman Lingkungan dan Sumber Daya Air. Pejalanan kami menuju Kaliandra Sejati memakai Kendaraan Sekolah sampai di Pasar Palang meneruskan perjalanan dengan ke Kaliandra dekat Taman Safari.

Hari pertama kami diperkenalkan apa itu kaliandra sejati . . .

Kaliandra adalah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum yayasan. Nama Kaliandra terinspirasi dari pohon Kaliandra (Caliandra calothyrsus) yang dikenal sebagai tanaman perintis, karena kemampuannya bertahan hidup di lahan kritis, dan memiliki banyak fungsi.

Kemandirian dan keberlanjutan adalah perhatian utama Kaliandra. Itu sebabnya, Kaliandra mengembangkan beragam program pelatihan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, baik lokal maupun internasional. Keuntungan dari kunjungan para tamu Kaliandra digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan sosial bersama warga sekitar di bidang: pelestarian alam dan budaya, pengembangan ekonomi lokal, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Visi dan Misi

Kaliandra lahir karena suatu visi mulia:
“Terciptanya manusia yang mandiri, berbudaya dan berkelanjutan”

Misi Kaliandra:
1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan model pendidikan alternatif.
2. Memfasilitasi pengembangan wirausaha untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.
3. Memfasilitasi upaya konservasi alam dan budaya di kawasan hutan lindung sekitar Gunung Arjuno – Welirang, Jawa Timur.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Kaliandra berpijak pada prinsip:
– menjunjung tinggi budaya
– ramah lingkungan
– gotong-royong
– partisipatif
– kemitraan
– disiplin dan kemandirian

Selanjutnya di isi Sambutan-sambutan oleh Ketua BLH Kabupaten Pasuruan kemudian pendiri Yayasan Kaliandra Sejati. Workshop yang diadakan selama 3 hari ini dari hari selasa – kamis (20-23 Juli 2010) merupakan pengalaman yang mengesankan banyak sekali teman baru yang kita kenal, kemudian mencoba lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar serta banyak motifasi yang kita dapat dari kegiatan Workshop Lingkungan ini.

Bagi kalian yang belum merasakan Indahnya Kaliandra Sejati kalian bisa belajar dan Kaliandra digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan sosial bersama warga sekitar di bidang: pelestarian alam dan budaya, pengembangan ekonomi lokal, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemudian lokasi di sekitar lereng aarjuna membuat udara terasa dingin dan pemandangannya yang begitu indah.

Pengalaman Workshop di Kaliandra sejati akan menjadi kenangan tersendiri untuk kami, semoga saya bisa mengunjungi tempat itu kembali dan bisa bertemu dengan orang-orang yang terlibat dalam Yayasan Kaliandra Sejati Pasuruan.

Semoga.

Comments
One Response to “Workshop in Kaliandra SEJATI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: